.

.

MAKALAH MTU (Manajemen Ternak Unggas)

Written By Unknown on Thursday, April 17, 2014 | Thursday, April 17, 2014

BAB.I  PENDAHULUAN



A.    Latar Belakang

Ayam broiler merupakan unggas penghasil daging sebagai sumber protein hewani untuk pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Permintaan terhadap daging ayam semakin bertambah seiring dengan peningkatan penghasilan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya asupan protein hewani. Ayam broiler memiliki siklus produksi lebih singkat dibandingkan dengan unggas lain, karena mempunyai sifat genetik yang semakin baik khususnya untuk sifat pertumbuhan. Keberhasilan peternakan ayam broiler dipengaruhi oleh mutu genetik, lingkungan, dan interaksi antara genetik dengan lingkungan.
Ayam merupakan hewan homeotermi, artinya ayam memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu tubuhnya tetap stabil walaupun suhu lingkungan berubah-ubah. Pemeliharaan ayam broiler pada sistem kandang terbuka di daerah tropis seringkali pada suhu yang lebih tinggi dari suhu optimal untuk pertumbuhan. Suhu lingkungan yang tinggi dapat menganggu proses homeostatis dan metabolisme. Kondisi ini menyebabkan ayam mengalami cekaman panas. Panting merupakan salah satu respon tingkah laku ayam broiler akibat stres dari suhu lingkungan yang panas pada mekanisme evaporasi melalui saluran pernafasan. Ayam akan panting pada suhu lingkungan melebihi 29 oC atau ketika suhu tubuh ayam mencapai 42 oC.
Pengaturan frekuensi dan waktu pemberian pakan merupakan upaya untuk menanggulangi kondisi tersebut. Frekuensi pemberian pakan pada pemeliharaan ayam broiler berumur satu hingga dua minggu umumnya sebanyak 5-8 kali sehari. Frekuensi pemberian paka semakin berkurang saat ayam broiler berumur di atas dua minggu, yaitu sebanyak 2-3 kali pemberian per hari. Pemberian dilakukan pada 2 pagi, siang dan sore hari. Suhu lingkungan pada pagi dan sore hari mendekati suhu optimal untuk pertumbuhan ayam sehingga pemberian pakan pada waktu tersebut diharapkan menghasilkan performa yang baik dan persentase 

download full disini  http://adf.ly/uUU8O 
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kampus_peternakan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger