.

.

laporan fister

Written By Unknown on Thursday, April 16, 2015 | Thursday, April 16, 2015

LAPORAN PRAKTIKUM
FISIOLOGI TERNAK DASAR

PREPARAT DARAH NATIF, WAKTU KOAGULASI, WAKTU PENDARAHAN DAN TEKANAN OSMOTIK


Oleh

WIDIASTUTI
D1B4 11 010



 


JURUSAN PETERNAKAN
FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas karunia-Nya lah yang telah memberikan kekuatan, kesehatan dan lindungan dari hal-hal yang buruk sehingga penyusunan Laporan Praktikum Fisiologi Ternak ini dapat terselesaikan.
            Laporan praktikum dengan judul “Preparat Darah Natif, Waktu Koagulasi, Waktu Pendarahan Dan Tekanan Osmotik” ini disusun sebagai hasil dari praktikum yang telah dilaksanakan sebelumnya dan nantinya akan menjadi salah satu penilaian oleh dosen pengajar serta bahan belajar untuk para mahasiswa lain.
Penyusun laporan praktikum ini menyadri bahwa masih ada kesalahan-kesalahan dalam penyusunan laporan praktikum ini, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan untuk kesempurnaan laporan-laporan selanjutnnya.


Kendari,         Mei   2012

Penyusun






DAFTAR  ISI

Hal.
Halaman Judul .........................................................................................
I
Kata Pengantar ........................................................................................
ii
Daftar Isi ...................................................................................................
iii
I.         Pendahuluan......................................................................................
1
A.    Latar Belakang ..............................................................................
1
B.     Tujuan dan Manfaat ......................................................................
2
II.       Tinjauan Pustaka ..............................................................................
3
III.     Metodologi Praktikum .....................................................................
7
A.    Waktu dan Tempat   Pelaksanaan .................................................
7
B.     Alat dan Bahan .............................................................................
7
C.     Prosedur Kerja ..............................................................................
9
IV.   Hasil dan Pembahasan .....................................................................
10
V.      Penutup .............................................................................................
13
A.    Kesimpulan.....................................................................................
13
B.     Saran ..............................................................................................
13
DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN









I.       PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
            Darah merupakan jaringan yang berbentuk cairan yang mengalir ke seluruh tubuh melalui vena dan arteri yang memasok oksigen, dan bahan makanan ke seluruh jaringan tubuh serta mengambil karbondioksida dan sisa metabolisme dari jaringan. Darah memiliki dua komponen penyusun yaitu plasma dan sel darah. Plasma darah merupakan bagian dari komponen darah yang berwarna kekuning-kuningan yang jumlahnya sekitar 60% dari volume darah, sedangkan sel darah adalah komponen selluler dari darah termasuk sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping-keping darah (trombosit).
Volume darah di dalam tubuh sekitar sepertiga belas berat badan orang sehat, atau kurang lebih 4 – 5 liter. Bila cairan darah terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka tubuh sendiri akan mengatur sekresi melalui keringat dan kencing atau urine sehingga kadar larutan dalam darah tetap dan tekanan osmosis dalam darahpun juga tetap. Darah mempunyai bebarapa fungsi yang penting untuk tubuh. Darah mengangkut zat-zat makanan dari alat pencernaan ke jaringan tubuh, hasil limbah metbolisme dari jaringan tubuh ke ginjal, dan hormon dari kelenjar endokrin ke target organ tubuh.
Fungsi utama dari darah adalah sebagai media transport yaitu mengangkut oksigen ke jaringan dan mengembalikan karbondioksida dari jaringan ke paru-paru, untuk mencapai gas ini sel darah mengandung protein khusus yaitu hemoglobin karena sewtiap sel darah merah mengandung sekitar 640 juta molekul hemoglobulin, selain itu darah juga berfungsi sebagai regulasi dan pertahanan tubuh, yaitu mencegah dari pendarahan dan pertahanan tubuh dari penyakit. Atas dasar inilah dilakukan praktikum mengenai darah I untuk mengetahui bentuk dan sifat-sifat darah diantaranya preparat darah natif, waktu koagulasi dan pendarahan, serta laju endap darah.  
Berdasarkan uraian diatas maka dianggap perlu dilakukan praktikum mengenai fisiologi tubuh seperti preparat darah natif, penentuan waktu koagulasi, penentuan waktu pendarahan dan tekanan osmotik darah.
Demikian hal-hal yang melatar belakangi pelaksanaan praktikum fisiologi tubuh seperti preparat darah natif, penentuan waktu koagulasi, penentuan waktu pendarahan dan tekanan osmotik.

B.       Tujuan dan Manfaat
            Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan praktikum ini adalah sebagai berikut :
a.       Untuk mengetahui bentuk-bentuk sel darah dan keping-keping darah (trombosit)
b.      Untuk mengatahui lama waktu keluarnya darah pertama sampai terbentuknya benang-benang fibrin
c.       Untuk mengetahui lama waktu darah berhenti keluar
d.      Untuk mengetahui hal-hal yang terjadi jika darah dicampur dengan larutan kimia.
            Manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan praktikum ini dapat menjadi sumber bacaan mengenai proses fisiologis dalam tubuh seperti preparat darah natif, waktu pendarahan, waktu koagulasi darah, dan tekanan osmotik darah.


II.      TINJAUAN PUSTAKA
A.      Darah
                Darah memiliki dua komponen penyusun yaitu plasma dan sel darah. Plasma darah merupakan bagian dari komponen darah yang berwarna kekuning-kuningan yang jumlahnya sekitar 60% dari volume darah, sedangkan sel darah adalah komponen selluler dari darah termasuk sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (Leukosit) dan keping-keping darah (trombosit). Darah merupakan jaringan yang berbentuk cairan yang mengalir ke seluruh tubuh melalui vena dan arteri yang memasok oksigen, dan bahan makanan ke seluruh jaringan tubuh serta mengambil karbondioksida dan sisa metabolisme dari jaringan (Anonim, 2009), dalam (Rahman, S. 2009).
            Fungsi darah pada tubuh manusia ataupun ternak adalah sebagai alat pengangkut air dan menyebarkannya ke seluruh tubuh, sebagai alat pengangkut oksigen dan akan menyebarkannya ke seluruh tubuh, mengangkut hasil oksidasi untuk dibuang melalui alat ekskresi, mengangkut getah hormone dari kelenjar bungtu atau endokrin, menjaga suhu temperature tubuh, mencegah infeksi dengan sel darah putih, antibody, dan sel darah beku, serta mengatur keseimbangan asaam basa dalam tubuh. darah berfungsi untuk mentransfor asam amino, asam lemak, mineral, dan bahan-bahan nutrisi lainnya darah juga mentransfor hormone dan vitamin kesel untuk mengatur proses metabolisme dalam sel. Melalui pertukaran ion-ion dan molekul pada cairan interstitial, darah membantu mempertahankan pH dan konsentrasi elktrolit pada cairan interstitial dalam batas-batas yang dibutuhkan untuk fungsi sel yang normal (Rahman, S. 2009).
            Darah terdiri daripada beberapa jenis korpuskula yang membentuk 45% bagian dari darah. Bagian 55% yang lain berupa cairan kekuningan yang membentuk medium cairan darah yang disebut plasma darah. Korpuskula darah terdiri dari:



a.         Sel darah merah atau eritrosit (sekitar 99%)


Gambar 1. Sel darah merah

b.        Sel darah putih atau leukosit (0,2%)


Gambar 2. Sel darah putih

c.         Plasma darah : Pada dasarnya adalah larutan air yang mengandung : albumin, bahan pembeku darah, immunoglobin (antibodi), hormon, berbagai jenis protein, berbagai jenis garam (Wikipedia, 2009).

 



Gambar 3. Plasma darah



Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kampus_peternakan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger