.

.

makalah : kandang kambing

Written By Unknown on Friday, January 2, 2015 | Friday, January 02, 2015

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Kambing merupakan hewan ruminansia yang banyak diternakkan oleh masyarakat indonesia. Agar kambing memiliki produktivitas yang baik, diperlukan kandang yang baik pula. Ada dua macam kandang yang biasa digunakan masyarakat Indonesia yaitu kandang panggung dan kandang lantai tanah dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Melihat latar belakang tersebut penulis menjadi tertarik untuk menulis makalah dengan topik “Kandang Kambing” . Sementara judul dari makalah ini yaitu “Kandang Kambing yang Baik untuk Kambing yang Sehat”
1.2  Tujuan
1.2.1        Mampu menentukan lokasi pembuatan kandang yang tepat dari berbagai aspek
1.2.2        Mengetahui model kandang kambing yang biasa digunakan masyarakat
1.2.3        Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing model kandang
1.2.4        Mengetahui konstruksi dari kandang tersebut
1.3  Metode
1.3.1        Melakukan pengamatan langsung di masyarakat
1.3.2        Menggali informasi dari berbagai pustaka seperti buku dan jurnal
BAB 2 PEMBAHASAN
Menentukan lokasi pembuatan kandang
            Sebelum membuat kandang, peternak harus menentukan terlebih dahulu lokasi untuk membuat kandang. Lokasi peternakan kambing perlu memperhatikan dan mempertimbangkan faktor lingkungan, sumber daya alam, faktor sosial, faktor ekonomis, dan faktor hukum yang mendukung pembudayaan kambing itu sendiri. Faktor – faktor tersebut memiliki hubungan yang sangat erat dan tidak bisa terpisahkan. Jika ada salah satu faktor yang terabaikan maka dapat menyebabkan terhambatnya kelangsungan proses produksi yang dapat merugikan usaha peternakan.
            Keadaan lingkungan dan ketersediaan sumber daya alam yang mendukung usaha peternakan kambing adalah yang berada di lokasi yang luas, udaranya segar, bisa di tempat terbuka ataupun terlindung pepohonan, namun tidak berada di bawah pohon yang besar dan rindang karena akan menghalangi sinar matahari yang masuk ke kandang. Sinar matahari sendiri berfungsi untuk membunuh parasit dan kuman penyakit, sebagai penghangat, sumber pembentukan vitamin D, mengeringkan kandang yang basah akibat kotoran atau urine dari kambing. Jika sinar matahari terhalang maka kandang menjadi lembab dan mengakibatkan organisme pengganggu dan parasit tumbuh subur. Selain itu kandang juga harus berada dalam lingkungan yang tenang atau tidak ramai karena jika berada di lingkungan yang ramai ternak bisa mengalami stress sehingga menurunkan produktivitas.
          
download full disini http://adf.ly/voAlJ
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kampus_peternakan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger