.

.

LAPORAN PRAKTIKUM ILMU TERNAK POTONG DAN KERJA PEMELIHARAAN

Written By Unknown on Saturday, January 3, 2015 | Saturday, January 03, 2015




PENDAHULUAN



A.      Latar Belakang
Kebutuhan akan produk peternakan sekarang ini sangat tinggi. Masyarakat Indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya kebutuhan protein hewani dalam  mencukupi kebutuhan nutrisinya. Produk peternakan adalah produk yang sangat  primer.
Sebagai contoh yaitu daging, telur, susu merupakan produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Untuk saat ini banyak kalangan yang beranggapan bahwa dunia peternakan adalah dunia yang kurang mempunyai prospek ke depan. Apabila kita kaji dan kita perdalam tentang dunia peternakan kita akan memperoleh makna yang sangat berharga. Untuk itu saat ini saja orang terus memerlukan  produk  dari sektor peternakan walaupun telah kita ketahui bersama, untuk harga produk peternakan jauh di atas rata-rata harga produk lainnya. Pada sapi potong khususnya yang asli Indonesia adalah sapi Bali, Madura, Sumba dan peranakan Sumba Ongole (SO).
Adanya potensi yang kita miliki sudah sewajarnya jika kita  mengembangkan produk ternak potong, agar dapat memenuhi kebutuhan  protein hewani masyarakat kita. Kegiatan yang dilakukan pada saat praktikum  ternak antara lain pengamatan manajemen seleksi dan breeding, manajemen perawatan,  manajemen sanitasi dan pencegahan penyakit, manajemen pakan, manajemen perkandangan dan manajemen penanganan limbah. Hal inilah yang melatar belakangi dilakukannya Praktikum Pemeliharaan.
B.       Tujuan dan Kegunaan
Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui mengenai sanitasi kandang, pencampuran dan pemberian pakan, serta dapat mengetahui jumlah populasi ternak sapi potong yang digembalakan.
Kegunaan dari praktikum ini adalah agar praktikan dapat mengetahui bagaimana cara membersihkan atau sanitasi kandang, pencampuran dan pemberian pakan serta mengetahui jumlah ternak yang digembalakan. 


TINJAUAN PUSTAKA



A.      Teori Pertumbuhan
1)      Proses  Pertumbuhan
Proses pertumbuhan merupakan suatu proses pertambahan berat hidup pada seekor ternak yang dimulai sejak terjadinya fertilisasi, yaitu saat bersatunya sel telur dengan spermatozoa sehingga terbentuk zygote, kemudian tumbuh menjadi embrio, foetus, dan selanjutnya lahir sebagai anak serta berakhir pada saat mengalami kematian yang alami sebagai akibat  proses penuaan . Pada proses pertumbuhan dapat dibedakan dalam 2 (dua) pengertian, yaitu (Damarapeka, 2011) :
a.       Pertambahan (growth).
            Pertumbuhan dalam arti pertambahan (growth) mempunyai pengertian sebagai pertambahan yang meliputi ukuran dan bobot dari suatu jaringan, misalnya jaringan daging, jaringan tulang dan jaringan syaraf. Dalam proses pertambahan ini gejala pertumbuhan dari suatu organ atau individu ditandai dengan sel-selnya bertambah banyak jumlahnya (proses perbanyakan sel) yang sering disebut dengan istilah hype.................download full disini.......http://adf.ly/vq1bt
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kampus_peternakan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger