.

.
Home » , , , » JURNAL SISTEM SIRKULASI DARAH DAN KONTRAKSI JANTUNG PEREDARAN DARAH PERIFER DAN FUNGSI OTAK DAN INTEGRASI OTAK

JURNAL SISTEM SIRKULASI DARAH DAN KONTRAKSI JANTUNG PEREDARAN DARAH PERIFER DAN FUNGSI OTAK DAN INTEGRASI OTAK

Written By Unknown on Saturday, January 3, 2015 | Saturday, January 03, 2015

SISTEM SIRKULASI DARAH DAN KONTRAKSI JANTUNG PEREDARAN DARAH PERIFER DAN FUNGSI OTAK DAN INTEGRASI OTAK
                                       Rahma Ningsi*,Rahmi Syamsuddin **
*Peserta Praktikum Dasar Fisiologi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin
**Staf Asisten Laboratorium Dasar Fisologi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin.
ABSTRAK
Praktikum ini bertujuan untuk melihat Sistem Sirkulasi Darah untuk melihat sistem peredaran darah pada arteri dan vena pada katak.  Rangsangan dan Kontraksi Otot Jantung bartujuan untuk melihat bagaimana kontraksi pada jantung katak terhadap berbagi perlakuan yang diberikan. Aksi Integrasi Saraf bertujuan untuk mengetahui keseimbangan aksi pada tubuh dari pengaruh perlakuan yang diberikan.  Fungsi Otak bertujuan untuk melihat bagian-bagian otak dan memahami fungsi dari bagian-bagian tersebut, Pada Sitem Sirkulasi Darah yaitu terlihat pembuluh darah arteri yang berbentuk kecil serta aliran darah lebih terang dan aliran keluarnya jantung. Alat dan bahan yang digunakan pada praktikum ini antara lain mikroskop, papan, penusuk katak, garisan, jarum pentul, NaCL 0,6 %,  benang, tissue, pinset, gunting, katak hijau, dan air. Denyut jantung yang dihasilkan pada saat kontraksi jantung  keadaan normal adalah 90/menit dan pada saat perikardiumnya dilepas adalah76/ menit, dan pada saat diikat stanius I 75/menit, dan pada saat diikat stanius II yaitu 90/menit. Katak  yang normal sikap badan,gerak spontan,keseimbangan badandan frekuensi nafasnya baik dan kemampuan berenang masih baik. katak yang normal semua aktivitasnya baik tetapi setelah diberikan perlakuan spinal maka aktifitas katak tersebut tidak akan baik lagi walaupun masih dapat beraktivitas tetapi tidak sempurna lagi, dan pada perlakuan decebrasi semua aktifitas katak tidak aktif lagi. Frekuensi denyut jantung pada katak setelah dilepas jantungnya dan diletakkan di dalam gelas arloji yang berisi NaCl 0,1%  yaitu 14 kali/menit.
Kata kunci : Katak Hijau, kontraksi jantung, Spinal dan Decebrasi

PENDAHULUAN
Setiap organisme melakukan metabolisme, baik organisme uniseluler maupun multiseluler. Metabolisme berlangsung didalam setiap sel makluk hidup dan untuk itu diperlukan bahan-bahan untuk berlangsungnya proses metabolisme dengan lancar. Sel-sel mendapat suplai makanan atau bahan-bahan dari luar tubuh dan dihantarkan ke setiap sel melalui sistem sirkulasi.
Jantung berfungsi sebagai pemompa darah. Karakteristik fisiologis otot jantung dicirikan oleh beberapa sifat fungsional jantung yaitu eksitabilitas yaitu kemampuan jantung untuk berkontraksi bila mendapat rangsangan dengan intensitas yang cukup besar, daya hantar yaitu kemampuan jantung untuk merambatkan impuls, daya kontraksi yaitu kemampuan jantung untuk berkontraksi, keotomatisan yaitu kemampuan jantung untuk berdenyut dengan sendirinya tanpa ada impuls yang datang dari luar jantung.
Tanpa adanya jantung yang senantiasa memompa darah maka proses peredaran darah tidak akan mungkin dapat berlangsung. Dan otak merupakan jaringan yang memliki peranan yang sangat penting dalam tubuh karena merupakan pusat koordinasi seluruh aktivitas dalam tubuh makhluk hidup (Dwiko, 2013).
 
 download full ajh ya  http://adf.ly/vq0A6
Share this article :

1 komentar:

  1. Artikel kali ini akan membahaskan Ayam Pakhoy

    Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi tajenonline.net

    Atau anda bisa juga klik dibawah ini, Akan langsung menuju tujuan yang ingin anda baca dan terupdate.

    Cara Membuat Barbel Kaki Ayam Pakhoy
    https://tajenonline.net/cara-membuat-barbel-kaki-ayam-pakhoy/

    Anda Juga Bisa Melakukan Chatting Langsung Di Whatsapp Kami +62-8122-222-995

    Terima Kasih sudah membaca komentar saya

    ReplyDelete



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kampus_peternakan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger