.

.

JURNAL HEMOLISA DAN KRENASI, GOLONGAN DARAH DAN TEKANAN DARAH

Written By Unknown on Saturday, January 3, 2015 | Saturday, January 03, 2015

Rahma Ningsi*, Dhian Ramadhanty**
*Peserta Paktikum Dasar Fisiologi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin
**Staf Asisten Laboratorium Dasar Fisiologi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin
ABSTRAK
Pratikum darah II & V bertujuan untuk mempelajari larutan-larutan yang dapat menyebabkan terjadinya hemolisa serta mempelajari jenis-jenis golongan darah dan megukur tekanan darah  dengan melakukan berbagai aktivitas. Pada percobaan hemolisa dan krenasi, kita mengambil larutan NaCl 0,45%, 3% dan 0,9% sebanyak 5 tetes kemudian di letakkan di atas cawan yang kemudian di tambahkan dengan beberapa tetes darah kemudian amati secara makroskopis dan mikroskopis. Pada percobaan penggolongan darah siapkan serum anti A dan serum anti B yang di letakkan pada objek glas kemudian di tetesi darah yang akan di tentukan golongan darahnya. Aduklah dengan hati-hati hingga darah bercampur dengan baik kemudian perhatikan sampel tersebut dan catat hasilnya. Pada percobaan tekanan darah di siapkan stetoskop dan spygnomanometer kemudian melakuakan berbagai macam aktifitas seperti berbaring, duduk, berdiri dan melakukan berbagai macam kerja seperti kerja otak dan kerja otot lalu lakukan percobaan tekanan darah pada orang yang telah melakukan kegiatan tersebut catat hasilnya.
Kata Kunci :Hemolisa, Krenasi, Golongan Darah, Tekanan Darah

PENDAHULUAN
Darah adalah suatu jaringan tubuh yang terdapat di dalam pembuluh darah yang berwarna merah. Warna merah itu keadaannya tidak tetap tergantung pada banyaknya kadar oksigen dan karbondioksida didalamnya. Darah yang banyak mengandung karbon dioksida berwarna merah tua. Adanya oksigen dalam darah di ambil dengan cara bernapas, dan zat tersebut sangat berguna pada peristiwa pembakaran/ metabolisme di dalam tubuh (Analis, 2012).
Hemolisis adalah pecahnya membran eritrosit, sehingga hemoglobin bebas ke dalam medium sekelilingnya (plasma). Kerusakan membran eritrosit dapat disebabkan oleh antara lain penambahan larutan hipotonis atau hipertonis ke dalam darah, penurunan tekanan permukaan membran eritrosit, zat/unsur kimia tertentu, pemanasan atau pendinginan, serta rapuh karena ketuaan dalam sirkulasi darah. Krenasi adalah kontraksi atau pembentukan nokta tidak normal di sekitar pinggir sel setelah dimasukkan ke dalam larutan hipertonik, karena kehilangan air melalui osmosis. Secara etimologi, krenasi berasal dari bahasa Latin crenatus. Krenasi terjadi karena lingkungan hipertonik, (sel memiliki larutan dengan konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan larutan di sekitar luar sel), osmosis (difusi air) menyebabkan pergerakan air keluar dari sel, menyebabkan sitoplasma berkurang volumenya. Sebagai akibatnya, sel mengecil. Golongan darah adalah pengklasifikasian darah dari suatu individu berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah tersebut (Anonim, 2013).

download full ajh ya http://adf.ly/vpzmz
Share this article :

3 komentar:

  1. mana jurnalnya ? kok ndk lengkap ?

    ReplyDelete
  2. judi sabung ayam dengan presentase kemenangan tertinggi
    Untuk info lebih lanjut bisa melalui:
    Proses deposit dan withdraw tidak terbatas dan 24 jam online hanya untuk member setia kami

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    whatup : 08122222995
    BBM: D8C363CA

    ReplyDelete
  3. Numpang komentar ya gan,
    Saya ingin memberitahukan informasi mengenai tentang Ayam-ayaman.
    Bagi para Botoh pemula yang ingin belajar cara ternak ayam, merawat ayam, menjadi ayam lebih kuat.

    Anda Bisa Mengunjungi Artikel Sabung Ayam Dipersembahkan Oleh tajenonline.net

    Manfaat Ikan Teri Untuk Ayam Bangkok Penambahan Stamina
    https://tajenonline.net/manfaat-ikan-teri-untuk-ayam-bangkok-penambahan-stamina/

    Anda Juga Bisa Melakukan Chatting Langsung Di Whatsapp Kami +62-8122-222-995

    Terima Kasih Sudah Membaca Komentar Saya

    ReplyDelete



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kampus_peternakan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger