.

.

Bagaimana Memulai Beternak Burung Puyuh

Written By Unknown on Tuesday, December 2, 2014 | Tuesday, December 02, 2014

“Mulai beternaknya bagaimana?”
Pertanyaan seperti itu biasa diajukan peminat usaha beternak burung puyuh. Yang mana pertanyaan tersebut biasanya juga merupakan lanjutan setelah pertanyaan “Berapa keuntungan usaha beternak burung puyuh?”
Tidak mengapa bertanya-tanya seperti tersebut di atas. Para peternak yang mengalami pahit getir dan manisnya usaha ini, akan berkata: “ada jawabannya.”
Mulai beternaknya bagaimana dan berapa keuntungannya, berarti juga: bagaimana proses kerjanya, teknis, atau apapun yang berkaitan dengan aktivitas beternak burung puyuh petelur. Kemudian apakah keseluruhan itu sesuai dengan penghasilannya atau tidak, silahkan bisa dinilai sendiri.
Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melangkah ke teknis fisik beternak puyuh, antara lain:
- pengenalan
– analisa usaha
– permodalan.

PENGENALAN.

Mengenai pengenalan atas burung puyuhnya, tentu sudah banyak yang membahas. Seperti misalnya burung puyuh tidak bisa terbang, suka mematuk-matuk, dll dll. Perlu ditambah lagi pengenalan atas usaha ternaknya itu sendiri.
Sedikit banyak pernah saya bahas di postingan-postingan ini:
1. Syarat-syarat yang diperlukan dalam beternak puyuh.
2. Mengenal tipe tipe peternak burung puyuh petelur.
Seperti yang saya sampaikan di salah satu postingan tersebut, bahwa dalam usaha beternak puyuh, kita berurusan dengan makhluk hidup. Mempunyai nyawa. Mempunyai keinginan. Bukan sekedar mesin produksi seperti alat pabrik.
Jadi banyak yang beranggapan, dalam beternak puyuh ini memerlukan kasih sayang.
Postingan yang satunya lagi, bisa memilih akan menjadi peternak yang bagaimana.

ANALISA USAHA.

Setelah setelah secara global memahami rangkaian usaha budidaya beternak puyuh petelur, kemudian mengenal “dunianya”. Selanjutnya melihat proses perputaran produksi ini hingga bagaimana terhitung bisa menghasilkan keuntungan.
Dari analisa usaha juga, bisa dilihat mulai kapan ternakan puyuh petelur ini memberikan sisa hasil usaha alias keuntungan kepada peternaknya.
Analisa usaha beternak puyuh, sebagai gambaran, bisa disimak di postingan ini:
Lanjutan Analisa Usaha Perhitungan danKalkulasi Keuntungan Beternak Burung Puyuh Petelur Kemitraan untuk 2000 Populasi Selama 12 Bulan dengan Perincian Per-Minggu.
Analisa tersebut lebih bersifat gambaran bukan recording atau catatan peternakan, dengan jumlah kematian rata-rata saja, juga harga telur dibikin rata-rata. Dibuat hanya untuk jangka waktu periode 1 tahun, tapi pada kenyataannya bisa lebih dari itu. Jadi bisa diperkirakan bagaimana hasilnya.
Harga pakan masih mengikuti pada saat analisa usaha tersebut disusun.
Walaupun bersifat gambaran, namun tidak begitu jauh dari kenyataan. Dan yang dianalisa hanya modal yang berputar saja. Karena modal tetapnya sangat relatif.

Warning: Hati-hati dengan kendala ternak puyuh yang ini.
Bisa juga sebagai tambahan pertimbangan, mungkin ulasan ini diperlukan? :> Beternak puyuh: sebaiknya mulai dari umur 1 hari atau yang siap telur.
Apabila masih belum jelas mulai dari pengenalan sampai analisa usaha, silahkan bisa kita diskusikan. Karena saya sendiri juga masih tahap belajar.

PERMODALAN

Selanjutnya adalah perlu juga memahami masalah permodalan dalam beternak puyuh ini. Sifat atau jenis modal dalam beternak puyuh petelur bisa disimak di artikel ini: Mengenal Jenis atau Sifat Modal dalam Budidaya Burung Puyuh Petelur.
Dan harap hati-hati dalam permodalan, seperti ulasan pada postingan yang ini: Hati-hati, penyebab kegagalan beternak puyuh yang satu ini sering terjadi.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kampus_peternakan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger