.

.
Home » , , » SISTEM PENCERNAAN SECARA MEKANIK PADA MULUT SAPI

SISTEM PENCERNAAN SECARA MEKANIK PADA MULUT SAPI

Written By Unknown on Wednesday, September 18, 2013 | Wednesday, September 18, 2013

PENGERTIAN SISTEM PENCERNAAN SECARA MEKANIK PADA MULUT SAPI
Sistem pencernaan secara mekanik pada mulut sapi merupakan proses pencernaan yang dilakukan oleh gigi dengan bantuan otot – otot yang ada disekitar mulut. Pencernaan secara mekanik ini lebih ditekankan pada kondisi fisiknya cenderung lebih banyak mengunakan bantuan fisik dan memang pada prinsipnya hanya menggunakan bantuan fisik. Bantuan fisik ini berupa komponen yang ada didalam mulut sapi. Bantuan fisik disisi adalah komponen yang memang benar – benar bisa terlihat dan disini bukan termasuk enzim ataupun air liur karena itu merupakan pembantu pencernaan secara kimiawi.
Jika kita tinjau menurut bahasa maka sistem pencernaan adalah sebuah proses pemecahan makanan yang menjadi proses yang lebih sederhana baik secara mekanis atau secara kimiawi. Yang mana pencernaan secara mekanik dilakukan oleh gigi – gigi di dalam mulut sapi.
TUJUAN PENCERNAAN SECARA MEKANIK PADA MULUT SAPI
Sapi adalah salah satu jenis ternak ruminansia pemakan rumput atau biasa kita sebut dengan hewan herbivora. Makanan yang berupa rumput atau sejenisnya tidak langsung sapi cerna secara langsung tapi melalui berbagai proses seperti misalnya pencernaan mekanik yang merupakan pencernaan yang terjadi di mulut oleh gigi-gigi yang dibantu oleh otot – otot yang ada didalam mulut. Secara tidak langsung tujuan dari pencernaan secara mekanik pada mulut sapi adalah untuk menghancurkan makanan atau rumput yang telah dimasukkan kedalam mulut sehingga dapat mempermudah pencernaaan yang selanjutnya.
WAKTU TERJADINYA PENCERNAAN SECARA MEKANIK PADA MULUT SAPI
Pencernaan secara mekanik ini terjadi pada saat rumput atau pakan ternak direnggut dan dikunyah dengan bantuan otot – otot didalam mulut dan gigi.
•Gigi seri memiliki bentuk untuk menjepit makanan berupa tunbuhan seperti rumput
•Geraham belakang memiliki bentuk datar dan lebar
•Rahang dapat bergerak menyamping untuk menggiling makanan
•Struktur lambung memiliki empat ruangan, yaitu:rumen, reticulum, omasum, dan abomasums
PROSES TERJADINYA PENCERNAAN SECARA MEKANIK PADA MULUT SAPI
Proses terjadinya pencernaan secara mekanik pada mulut sapi itu secara berurutan.Dari mulainya rumput yang masuk ke dalam mulut sapi kemudian oleh gigi seri dijepit dan digigit dan direnggut oleh lidah kemudian dikunyah oleh gigi geraham untuk menggiling dan menggilas dinding sel tumbuhan. Proses ini terjadi secara urut dan terus menerus sampai sapi berhenti memasukkan rumput atau makanan kedalam mulutnya. Pada prosesnya sistem pencernaan pada mulut spai terjadi seperti ini karena berdasarkan susunan giginya hewan sapi tidak mempunyai gigi seri pada bagian atas dan gigi taring tetapoi mempunyai gigi gerahamyang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan gigi manusia. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan sapi cenderung mengunyah untuk menggiling rumput dengan menggunakan gigi geraham karena gigi geraham pada sapi cenderung lebih banyak.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kampus_peternakan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger